Wednesday, June 13, 2012

Relasi Tabel Master Aplikasi Sistem Informasi Personalia

Agar kita dapat memelihara keakuratan, ketepatan dan konsistensi data dalam sebuah database kita perlu membuat relasi tabel. Microsoft Access menyediakan fitur relasi tabel untuk menghubungkan antara tabel satu dengan tabel lainnya. Dalam aplikasi Sistem Informasi Personalia yang kita buat terdapat 6 buah tabel master data yaitu:
  1. Tabel Karyawan
  2. Tabel Jabatan
  3. Tabel Cabang
  4. Tabel Bagian
  5. Tabel Departemen
  6. Tabel Headquarter
1. Relasi antara tabel Karyawan dan Jabatan
Relasi antara tabel Karyawan dan Jabatan adalah relasi satu ke banyak dimana satu data Jabatan dapat terhubung dengan lebih dari satau data Karyawan. Sebagai contoh kita lihat tabel berikut:
Pada tabel di atas kita melihat tiga nama karyawan mempunyai jabatan yang sama yaitu Manager dan 2 orang karyawan sebagai Supervisor.



2. Relasi antara tabel Karyawan dan Cabang
Relasi antara tabel Karyawan dan Cabang adalah relasi satu ke banyak dimana satu data Cabang dapat terhubung dengan lebih dari satau data Karyawan. Sebagai contoh kita lihat tabel berikut:

 
3. Relasi antara tabel Karyawan, Bagian, Departemen dan Headquarter
Relasi antara tabel Karyawan dan Bagian adalah relasi satu ke banyak dimana satu data Bagian dapat terhubung dengan lebih dari satau data Karyawan.
Relasi antara tabel Bagian dan Departemen adalah relasi satu ke banyak dimana satu data Departemen dapat terhubung dengan lebih dari satau data Bagian.
Relasi antara tabel Departemen dan Headquarter adalah relasi satu ke banyak dimana satu data Headquarter dapat terhubung dengan lebih dari satau data Departemen.
Sebagai contoh kita lihat tabel berikut:


Berikut adalah gambar relasi tabel master untuk aplikasi Sistem Informasi Personalia:

 


Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Relasi Tabel di situs ini : http://www.bunafitkomputer.com. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

2 comments:

  1. jadi kalau untuk menampilkan nyya di web dengan dreamweaver
    per repeat region dengan masing2 id gimana ya?
    kita klik id "A" tabel 1 menuju table 2 dengan deskripsi foreign key hasilnya data yang diimpun sesuai id..
    bisa kasih solusi gak juragan?

    ReplyDelete